Kriteria dan Tipe Kandang Ayam Bangkok Untuk Peternakan Ayam

Ada beberapa jenis kandang ayam bangkok yang bisa dibuat dalam budidaya ternak ayam bangkok. Kandang adalah sarana vital sebagai penunjang keberhasilan dalam budidaya ternak ayam ini. Tanpa menggunakan kandang ayam yang baik, imbasnya ayam yang telah dibesarkan lebih mudah terserang suatu penyakit, bahkan bisa mengalami pencurian atau berbagai masalah yang lainnya. Untuk itu, dalam pembuatan kandang ayam bangkok ini harus benar-benar memperhatikan berbagai aspek. Dalam metode breeding sendiri, kandang berperan sebagai media atau tempat untuk hidup anakan dari ayam bangkok.

Kriteria Kandang Ayam bangkok

Kandang ayam bangkok yang baik merupakan kandang yang layak dijadikan tempat hidup ayam sehingga memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi ayam itu sendiri. Dalam pembuatan kandang ayam yang baik, tentunya diperlukan lokasi yang ideal dengan kriteria kandang ayam bangkok berikut ini!

  • Lokasi kandang ayam berjarak sekurang-kurangnya 5 meter terhadap jarak rumah maupun jarak dari kandang jenis ayam yang lainnya.
  • Untuk kontur tanah sebaiknya kandang ayam bangkok dibangun di kontur tanah yang datar mempunyai pohon pelindung untuk mengatur jalannya sirkulasi udara serta intensitas paparan sinar matahari yang masuk pada kandang.
  • Mempunyai saluran air lancar dengan begitu ketika hujan maka air tak akan menggenangi area lingkungan di sekitarnya.
  • Kandang diutamakan diletakkan pada lokasi yang memiliki banyak rerumputan. Hal ini dikarenakan ayam lebih menyukai rumput untuk dijadikan makanan sebagai pengganti serat.
  • Arah kandang ayam sendiri menghadap ke arah sinar matahari di pagi hari serta sejalur arah angina yang bertujuan menghindari adanya penyakit menular dari luar.
  • Sebaiknya lokasi kandang dipagari dengan permanen memakai batu bata dan semen. Namun bila Anda tak memiliki anggaran, maka pagar pun dapat dibuat dari kawat atau bambu.


Tipe Kandang Ayam bangkok

Setelah memahami kriteria kandang ayam yang baik untuk ayam bangkok ini, berikut kita ulas beberapa macam tipe kandang ayam bangkok yang wajib diketahui peternak ayam:

1. Kandang Postal

Tipe kandang ayam yang satu ini dikhususkan untuk anak ayam baru menetas. Dimana ukuran kandang lebih kecil dengan panjang sebesar 1 meter, tinggi sekitar 1 meter dan lebar sekitar 0,8 meter. Ukuran dari kandang ayam bangkok postal ini biasanya dapat menampung sebanyak 10-15 anak ayam bangkok.

2. Kandang Umbaran Satuan

Jenis kandang ayam yang satu ini termasuk kandang multifungsi. Dimana kandang ternak ayam bangkok ini bisa dipakai sebagai jenis kandang umbaran, kandang kawin sekaligus dijadikan kandang anakan untuk usia 1,5 hingga 3 bulan. Jenis kandang ayam bangkok ini dibuat dengan ukuran yang ideal, yang panjangnya mencapai 1,5 meter, tinggi sekitar 2,5 meter dan lebar mencapai 1 meter. Untuk alas kandang sendiri sebaiknya berbentuk tanah dengan campuran pasir. Alas ini berguna untuk membentuk bagian struktur jari-jarinya dan cakar ayam.

3. Kandang Tidur

Tipe kandang ayam yang berikutnya adalah kandang tidur yang dibuat secara khusus untuk tempat tidur ayam di malam hari. Untuk alas kandangnya sendiri bisa ditinggikan yang berbentuk layaknya panggung dengan ketinggian minimal mencapai 1,5 meter terhadap tanah agar menghindari temperatur tanah yang cukup dingin di malam hari.

Mungkin Anda Tertarik Dengan

Dari semua jenis kandang tersebut diatas mesti dilengkapi oleh wadah air minum dan juga pakan ayam. Supaya terhindar dari berbagai penyakit, maka kandang-kandang itu kelembabannya perlu dijaga. Untuk pemilihan material atap, sanitasi dan pengaturan dari sirkulasi udara sangat penting diperhatikan demi menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit pada ayam bangkok untuk jangka waktu yang panjang. Itulah ulasan tipe-tipe kandang ayam bangkok yang perlu kita ketahui dan kriterianya!