Mengenali Ayam bangkok birma Sebagai Ayam Laga Paling Tangguh

Ayam bangkok birma merupakan ayam hasil perkawinan silang antara ayam asli Thailand yang biasa disebut ayam bangkok dengan ayam asli Myanmar yang biasa disebut ayam birma. Berkat perkawinan silang tersebut, maka dihasilkan ayam yang disebut bangkok birma. Ayam jenis ini sekarang sedang banyak dibudidayakan karena merupakan ayam petarung yang tangguh dan banyak sekali peminatnya. Untuk harganya sendiri, ayam jenis ini ditawarkan dengan harga yang relatif mahal. Setiap ekornya dapat ditawarkan dengan harga mencapai jutaan rupiah. 

Prospek Usaha Budidaya Ayam Bangkok Birma

Hal ini membuat banyak peternak ayam di Indonesia mengawinkan silang antara ayam birma asli dengan ayam bangkok. Hasil keturunannya tentu memiliki kualitas yang bagus dan tangguh untuk dipertarungkan. Budidaya bangkok birma saat ini menjadi salah satu usaha dengan prospek yang menjanjikan. Ayam bangkok birma sendiri pertama kali diperkenalkan oleh salah satu pengadu ayam sekaligus peternak ayam di Thailand. Awalnya perkawinan silang ditujukan agar keturunannya dapat memiliki sifat dari kedua indukannya yaitu ayam bangkok dan ayam birma.

Jika ditarungkan, ayam bangkok dan ayam birma memiliki cara bertarung yang berbeda. Cara bertarung ayam birma tidak dimiliki ayam bangkok, sementara ayam bangkok terkenal ulet dan ganas. Untuk mendapatkan gaya bertarung ayam birma dan mendapatkan kekuatan ayam bangkok maka dilakukanlah perkawinan silang diantara keduanya. Pilihlah ayam birma super dan ayam bangkok berkualitas unggul bagi Anda yang juga tertarik ingin mengawinkan silang kedua jenis ayam tersebut. Dengan indukan yang super dan unggul, maka Anda akan mendapatkan hasil ayam bangkok birma calon juara.

Anda dapat meraup keuntungan berlimpah jika Anda mampu membudidayakan ayam petarung tersebut dengan benar. Bagaimana tidak, ada banyak sekali orang yang mengantre untuk dapat memiliki ayam petarung ini. Karena gaya bertarungnya yang bagus dan juga kuat, ayam bangkok birma memang lebih berpeluang untuk menang bertarung. Hal tersebut yang membuat para peternaknya menawarkan ayam aduan tersebut dengan harga tinggi. Walaupun begitu, tidak jarang orang yang rela membayar tinggi demi memiliki ayam campuran birma dan bangkok tersebut. Tentu saja bagi mereka yang merupakan pehobi ayam aduan.

Ciri-Ciri Ayam bangkok birma

Ayam birma yang asli dapat dilihat dari ciri-cirinya, antara lain yaitu: 
  • Memiliki tulang yang kecil dan paruh yang tajam
  • Memiliki jengger yang berbentuk seperti bantam ular
  • Mata ayam birma berbentuk seperti melotot 
  • Memiliki sayap yang berbulu tebal dan juga panjang
  • Bersisik kecil dan halus
  • Bagian telinganya terdapat warna putih

Jika Anda melihat gambar ayam birma, Anda mungkin tidak menyangka kalau ayam yang satu ini memiliki gaya bertarung yang unik. Ayam birma menyerang dengan gaya elit diplomatik yaitu melawan secara tidak langsung atau berhadap-hadapan. Dilihat dari ciri-ciri tersebut, tidak heran jika ayam birma sangat cocok untuk dikawinkan silang dengan ayam bangkok yang terkenal kuat. Sehingga menghasilkan ayam bangkok birma yang siap untuk menjadi ayam aduan juara.

Ayam hasil perkawinan silang ayam birma dan ayam bangkok memiliki keunggulan yang memang jarang dimiliki oleh ayam jenis lain. Ayam jenis ini memiliki pukulan yang sangat akurat sehingga dapat mematikan. Pergerakannya juga begitu lincah didukung oleh taktik bertarung yang diplomatik yang diperoleh dari ayam birma. Keunggulan-keunggulan tersebutlah yang membuat ayam jenis bangkok birma memiliki harga jual yang tinggi. Ciri-ciri ayam campuran bangkok dan birma sendiri antara lain yaitu:
  • Bentuk tubuh yang lebih kecil dibanding ayam bangkok asli
  • Memiliki berat antara 2 sampai 2,5 kg per ekor
  • Memiliki tulang yang juga kecil
  • Paruhnya tajam dan matanya melotot
  • Bulu sayapnya tebal dan panjang


Mungkin Anda Tertarik Dengan

Jika diperhatikan dari ciri-ciri tersebut maka dari fisiknya lebih condong mirip dengan ayam birma. Namun ayam ini memiliki gaya bertarung yang jauh lebih baik dibanding ayam birma. Kelemahan ayam bangkok birma yaitu pada ukuran tubuhnya yang kecil jika dihadapkan dengan ayam bangkok berukuran besar.