Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Pedaging, Apakah Menguntungkan?

Peluang usaha ternak ayam kampung telah menjadi bisnis yang menjanjikan keuntungan yang berlimpah. Hal itu terjadi karena pola konsumsi masyarakat yang terus berubah seiring perkembangan pengetahuan masyarakat. Meskipun memiliki ayam kampung memiliki harga yang relative lebih tinggi, namun tetap diminati. Hal ini terjadi karena masyarakat beranggapan bahwa mengonsumsi ayam kampung lebih sehat dan aman dibanding dengan ayam broiler pedaging.

Pola Budidaya Ayam Kampung Pedaging

Budidaya ayam kampung pada umumnya terbagi menjadi tiga golongan. Golongan yang pertama adalah budidaya ayam kampung petelur dan yang kedua adalah budidaya ayam kampung pedaging dan yang terakhir sebagai ayam pedaging sekaligus ayam petelur. Untuk saat ini, kita akan membahas untuk budidaya ayam kampung pedaging agar lebih fokus, untuk ayam kampung lainnya dapat dilihat disini

Pembudidayaan ayam kampung pedaging bisa dilakukan dengan 3 cara sebagai berikut.

1. Budidaya ayam kampung umbaran dengan cara tradisional

Peluang usaha ternak ayam kampung dengan cara tradisional biasanya memiliki keuntungan yang rendah. Bibit yang digunakan adalah hasil eraman sendiri hingga membutuhkan waktu yang lama. Cara ini biasanya digunakan oleh rumah tangga untuk digunakan sebagai tabungan saja. Perawatan dan pemeliharaan yang seadanya membuat kemungkinan hidup anakan ayam menjadi tidak terkontrol karena sebagai sampingan saja.  

2. Budidaya ayam kampung cara organic atau alami

Budidaya ayam kampung organic merupakan usaha yang cukup menjanjikan namun saat ini masih memiliki pasar yang terbatas. Ayam dipelihara dengan cara alami seperti keadaan ayam pada habitat asli. Pakan yang digunakan juga tidak menggunakan pakan pabrikan seperti voer atau pellet ayam. Budidaya dengan cara alami membutuhkan waktu yang lama dan perawatan yang sulit sehingga tidak begitu diminati meskipun cukup menguntungkan.

3. Budidaya ayam kampung cara industri

Peluang usaha ternak ayam kampung dengan cara industri tergolong cukup baik. Cara memiliki waktu panen yang relative cepat hingga merupakan cara yang paling diminati oleh para peternak ayam kampung pedaging. Cara perawatan yang mudah dengan harga jual yang tinggi menjadikan pembangunan peternakan model ini menjadi semakin digemari, terutama oleh para peternak pemula.

Pola Usaha Peternakan Ayam Kampung Pedaging

Peluang usaha ayam kampung menjadi lebih besar bila dilakukan dengan cara membangun peternakan yang professional dengan serius. Peternakan yang akan kita bangun bisa disesuaikan dengan kemampuan financial hingga bisa dilakukan dalam skala kecil, menengah, maupun dalam skala besar. Berikut ini beberapa acuan yang digunakan untuk membangun peternakan ayam kampung pedaging agar mendapatkan hasil yang baik dan menguntungkan.

1. Gunakan bibit yang baik 

Bibit yang digunakan kita kenal dengan nama DOC, yaitu bibit ayam anakan yang baru berusia beberapa hari untuk meningkatkan peluang usaha ternak ayam kampung. Mintalah pada penjual DOC untuk memberikan bibit hasil persilangan antara ayam kampung dengan ayam petelur untuk memberikan hasil maksimal. Pilihlah bibit betina agar cepat besar yang biasanya dijual dengan kisaran Rp.5.000,00 perekornya. 

2. Berikan pakan ,vitamin, dan vaksin agar ayam sehat 

Peluang usaha ternak ayam kampung pedaging akan meningkat bila dilakukan pemberian pakan ayam kampung yang cukup. Untuk ukuran yang ideal, 500 ekor ayam akan membutuhkan pakan sebanyak 20 sak hingga masa panen. Pemberian vitamin dan vaksin ayam juga harus dilakukan agar ayam tetap sehat dan memiliki pertumbuhan yang baik.  Selain menjaga kesehatan, pemberian vaksin perlu dilakukan untuk meningkatkan peluang hidup bagi ayam.

3. Perhatikan waktu panen

Waktu panen yang tepat akan membuat usaha ternak ayam kampung pedaging Anda memiliki prospek yang cerah. Idealnya Anda bisa panen saat ayam berusia 50 hari atau memiliki bobot 900 gram. Hal itu dilakukan karena bila dipanen lebih lama maka akan membutuhkan pakan lebih banyak hingga tidak ekonomis. Selain itu permintaan pasar terbesar adalah untuk ayam dengan berat 9 ons karena memiliki tekstur daging yang pas.

Dengan memperhatikan 3 tips singkat diatas, Anda mungkin akan memiliki peluang usaha ternak ayam kampung yang cerah. Budidaya ayam kampung pedaging, digemari karena memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu, ayam kampung terkenal sebagai ayam yang memiliki daya tahan yang tinggi, sehingga memiliki potensi panen yang besar. Apabila Anda mengembangkan peternakan ayam kampung secara professional, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

1 komentar :

Arifin Tjokro

peluang usaha yang cukup menarik dan cukup menguntungkan