Prospek & Peluang Bisnis Susu Kambing Etawa dan 4 Tips Meningkatkan Bisnis Agar Semakin Besar

Peluang bisnis susu kambing etawa saat ini sedang berkembang dengan pesat. Perkembangan tersebut tak lepas dari perubahan konsumsi masyarakat yang terus berkembang. Masyarakat pada saat ini, tidak hanya mengonsumsi makan atau minuman untuk memenuhi kebutuhan pokok saja. Namun juga melakukan konsumsi karena tren yang sedang berkembang. Dan tren bisnis susu kambing saat ini sangat baik untuk Anda yang baru memulai atau sedang mengembangkan bisnis ini.

Bisnis Susu Kambing Etawa Tidak Hanya Menjual Produk

Peluang bisnis susu kambing etawa terus berkembang, namun tidak semua orang dapat menjual dan meningkatkan keuntungan dari bisnis ini. Hal itu terjadi karena biasanya penjual atau pelaku bisnis hanya menganggap produk adalah barang yang dijual hanya untuk memenuhi target penjualan untuk mendapatkan untung. Dengan cara penjualan semacam itu, usaha susu kambing etawa yang dijalankan mungkin tidak akan bertahan lama. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menjalankan usaha susu kambing etawa:

1. Miliki empati terhadap produk dan pembeli

Peluang bisnis susu kambing etawa akan meningkat bila pembelian dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Hal tersebut bisa terjadi bila kita memiliki empati dengan turut merasakan perasaan pembeli saat membeli produk. Pada umumnya, para pembeli susu kambing etawa melakukan pembelian karena alasan kesehatan. Karena itu, kita juga harus merasa bahwa produk yang kita jual akan memberikan dampak positif terhadap kesehatan. 

2. Branding

Susu sapi biasa didominasi oleh perusahaan-perusahaan yang telah mapan dan bermodal besar. Tidak hanya itu, produsen susu sapi juga kebanyakan merupakan perusahaan multinasional yang sangat kuat dari segi bisnis. Namun bukan berarti peluang bisnis susu kambing etawa menjadi sulit. Apa yang Anda perlukan adalah branding. Anda tidak hanya menjual sekedar susu, namun juga “mengemas” produk Anda sedemikian rupa sehingga susu kambing semakin dikenal. 

3. Menjangkau segmen pasar baru

Peluang usaha susu kambing etawa bisa Anda perluas dengan menjangkau segmen pasar baru. Segmen ini misalnya, adalah mereka yang selama ini tidak minum susu sapi secara intens atau mereka yang menginginkan produk alternative susu yang lebih sehat. Kelas masyarakat menengah yang menginginkan susu kambing organic juga bisa Anda bidik dengan menciptakan produk susu tersebut. 

4. Menciptakan Variasi dan Inovasi Baru

Susu kambing etawa yang selama ini dijual rata-rata berbentuk bubuk dan dalam kemasan biasa. Padahal sebagian konsumen lebih menyukai susu segar yang lebih alami dan kaya kandungan gizi. Sebagian konsumen yang lain menyukai produk turunan susu seperti yoghurt, keju, kefir, permen susu dan sebagainya. Jika Anda ingin peluang bisnis susu kambing etawa yang lebih luas, tentu Anda harus kreatif dalam berinovasi dan menciptakan variasi baru yang disukai konsumen.

Banyak hal lainnya bisa dilakukan untuk mengawali dan mendorong bisnis susu kambing etawa agar semakin maju pesat. Sebagai pengusaha Anda harus memiliki mentalitas pengusaha yang tak gampang menyerah, berani mencoba hal baru dan mengambil resiko. Bisnis di sektor ini bukan bisnis yang mudah. Kompetitor Anda bukan hanya produsen produk-produk susu sapi, susu formula dan mereka yang telah berjaya di bisnis susu sapi. Kompetitor Anda juga adalah sesama produsen susu etawa. 
Artikel Menarik lainnya


4 Tips Memulai Usaha Peternakan Kambing Agar Usaha Makin Untung
4 Jenis dan Harga Kambing Etawa Terupdate
5 Khasiat & Manfaat Susu Kambing Etawa, Susu Sehat Tidak Bikin Alergi

Peluang bisnis susu kambing etawa akan semakin pesat seandainya para produsen susu etawa merapatkan barisan dan bekerjasama. Anda harus berinvestasi bersama menciptakan produk-produk unggulan yang disukai konsumen. Dengan cara ini Anda juga bisa melakukan efisiensi ongkos produksi, manajemen mutu produksi dan melakukan riset-riset untuk produk yang lebih baik. Disamping itu, Anda juga bisa fokus dalam memasarkan dan melakukan branding bagi produk Anda. 

1 komentar :

Arifin Tjokro

terima kasih, tips yang sangat bermanfaat. dengan manfaat susu kambing etawa yang sangat bagus untuk kesehatan, bisamen jadi sebuah peluang yang bagus untuk bisnis.