Tips & Cara Melatih Ayam bangkok Agar Menjadi Ayam Super

Tips melatih ayam bangkok berikut sangat penting untuk Anda simak, terutama bagi Anda yang sedang memelihara ayam bangkok. Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang banyak digemari. Banyak masyarakat Indonesia yang memelihara dan melatih ayam bangkok untuk diadu. Namun disamping itu, tidak sedikit pula orang yang memelihara ayam bangkok hanya untuk dijadikan hewan peliharaan saja. Bagi Anda yang sedang memelihara ayam bangkok untuk diadu, Anda tentu harus melatih dan merawat ayam bangkok dengan tepat.

Tips Cara Melatih dan Merawat Ayam bangkok Super

Tips melatih ayam bangkok berikut ini tidak terlalu sulit untuk Anda lakukan. Yang terpenting dalam perawatan ayam bangkok adalah ketelatenan Anda sebagai peternak atau pemilik ayam bangkok. Tujuan melatih ayam bangkok tentunya agar ayam bangkok memiliki mental petarung tangguh serta kuat. Dengan begitu ketika diadu, ayam bangkok akan lebih berpotensi menang karena sudah sering Anda latih. Lalu, bagaimana cara merawat unggas aduan yang satu ini? Cara melatih ayam bangkok sendiri yaitu dengan melakukan jajal tarung. Untuk pembahasan yang lebih lengkap, simak ulasan berikut:

1. Jajal tarung 1
Jajal tarung yaitu Anda melatih ayam bangkok Anda untuk bertarung, tidak perlu lama. Cukup 1 ronde saja dan pertarungan dapat berlangsung selama kurang lebih 10 menit. Ini merupakan tips melatih ayam bangkok awal yang dapat Anda lakukan. Dalam jajal tarung yang pertama, Anda dapat membungkus paruh dan juga jalu kedua ayam bangkok yang akan Anda adu. Tujuannya agar kedua ayam bangkok tidak mengalami luka setelah bertarung. Selain itu juga agar emosi ayam bangkok jagoan Anda semakin meningkat. 

Pelatihan pertama ini bukan untuk melatih pukulan mematikan, tetapi untuk melatih teknik bertarung ayam bangkok agar memiliki gerakan cepat. Gerakan-gerakan cepat ayam bangkok pada pelatihan pertama ini sangat bagus untuk melatih otot-ototnya.

2. Jajal tarung 2
Setelah melakukan pelatihan yang pertama, Anda dapat melanjutkan untuk melakukan pelatihan berikutnya pada hari selanjutnya. Caranya masih sama, paruh dan jalu masih dibungkus dan cukup dilakukan 1 ronde saja. Tips melatih ayam bangkok ini masih bertujuan untuk melatih kelincahan ayam bangkok agar dapat bergerak cepat.

3. Jajal tarung 3
Untuk jajal tarung yang ketiga inilah Anda dapat melatih ayam bangkok agar bertarung lebih lama. Pertarungan dapat Anda lakukan sebanyak 2 ronde yaitu membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Namun paruh dan juga jalu masih harus terbungkus demi mengantisipasi adanya luka pada ayam bangkok.

4. Jajal tarung 4
Sama seperti jajal tarung kedua yang dilakukan sama persis dengan jajal tarung pertama. Jajal tarung keempat ini dapat Anda lakukan sama persis pula dengan jajal tarung ketiga. Tips melatih ayam bangkok ini harus dilakukan secara bertahap, jangan asal mengadunya begitu saja.

5. Jajal tarung 5
Untuk jajal tarung yang kelima ini merupakan pelatihan yang sangat penting untuk Anda lakukan. Ini merupakan cara melatih pukulan agar keras dan cepat untuk ternak ayam bangkok jagoan Anda. Namun kali ini Anda sudah dapat membuka bungkus paruh dan juga jalunya. Dengan kata lain, pertarungan yang akan berlangsung adalah pertarungan yang cukup menegangkan. Pada pelatihan inilah kemampuan ayam bangkok dapat terlihat. Oleh sebab itu, perhatikan gaya dan teknik bertarung ayam bangkok dengan baik pada pelatihan ini. Pertarungan dapat berlangsung selama 3 ronde atau sekitar 30 menit.

Mungkin Anda Tertarik Dengan

Jika Anda sudah melakukan pelatihan-pelatihan tersebut, lanjutkan dengan pelatihan yang hampir sama dengan jajal tarung 5 di hari-hari berikutnya. Untuk perawatannya sendiri, jangan lupa untuk memberikan pakan pada ayam bangkok secara rutin dan teratur. Tentunya pakan yang diberikan adalah pakan yang kaya akan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan ayam bangkok. Selain itu, perhatikan juga apakah ayam bangkok mengalami luka-luka setelah melakukan pelatihan. Jika ada luka, segera lakukan pengobatan agar lukanya cepat sembuh. Demikian ulasan mengenai tips melatih ayam bangkok agar menjadi ayam bangkok juara.

0 komentar :

Poskan Komentar