Cara Budidaya Ternak Ayam Petelur (Layer) Agar Hasil Produksi Berlimpah

Cara budidaya ternak ayam petelur. Jadi untuk Anda yang berniat ingin membudidayakan ayam petelur, Anda dapat menyimak uraian berikut ini secara seksama. Ayam petelur adalah ayam yang diternak atau dibudidayakan untuk diambil telurnya. Namun keuntungan dari ternak ayam petelur yaitu ketika ayam sudah tidak dapat memproduksi telur lagi, daging ayamnya dapat dijual. Cara usaha ternak ayam petelur yang benar sangat berpengaruh pada keuntungan yang akan Anda peroleh ketika panen. 

Tips Cara Budidaya Ternak Ayam Petelur yang Benar

Dibawah ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin bergelut dalam dunia ternak ayam petelur:

1. Lokasi Kandang Pemeliharaan Ayam Petelur

Pemilihan lokasi sangatlah penting dalam cara budidaya ternak ayam petelur. Pemilihan lokasi yang benar dapat membantu untuk memaksimalkan budidaya ayam petelur. Lokasi kandang ayam petelur sebaiknya dijauhkan dari keramaian agar ayam petelur dapat fokus dalam memproduksi telur. Selain itu, usahakan pula agar kandangnya menetap di lokasi tersebut, tidak pindah-pindah. 

2. Kontruksi Kandang dan Manajemen

Cara budidaya ternak ayam petelur selanjutnya setelah menentukan lokasi yaitu pembuatan kandang. Pembuatan kandang ayam petelur sebaiknya tidak menantang arah angin karena jika angin kencang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ayam petelur. Selain itu, usahakan pula agar kandang tersebut memperoleh paparan sinar matahari yang cukup di pagi hari. Untuk itu, buatlah kandang yang terbuka agar sirkulasi udara di dalam kandang tetap terjaga. Cara membuat kandang ayam petelur ini juga harus dilengkapi dengan perlengkapan yang dibutuhkan di dalam kandang. Antara lain yaitu tempat pakan, tempat air dan lain sebagainya.

Untuk pembuatan kandang ini dapat dilakukan sesuai dengan keinginan Anda baik untuk jenis ataupun modelnya. Ada beberapa model dan jenis kandang ayam petelur, pilih saja yang paling Anda inginkan. Yang terpenting ada tempat untuk bertengger ayam petelur dan ada tempat untuk telur-telurnya. Tempat telur sebaiknya dibuat sebaik mungkin agar pengambilannya dapat dilakukan dengan mudah. Cara budidaya ternak ayam petelur ini sedikit berbeda dengan cara budidaya ternak ayam pedaging.

3. Bibit Ayam Petelur (DOC)

Selain kandang, bibit ayam petelur merupakan hal penting lainnya yang harus Anda siapkan. Bahkan peranan bibit ini sangatlah penting karena pemilihan bibit yang buruk akan mempengaruhi keuntungan yang akan Anda peroleh. Semakin berbobot kualitas bibit yang Anda pilih, maka akan semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan berlimpah. Cara budi daya ayam petelur untuk pemilihan bibit yang baik yaitu dengan melihat ciri fisik bibit ayam petelur. Ayam petelur yang sebaiknya dipilih yaitu:
  • Sehat dan tidak memiliki cacat fisik
  • Memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang normal
  • Keturunan dari ayam petelur unggulan
  • Memiliki nafsu makan yang baik

Semakin baik kualitas ayam petelur yang Anda pelihara, maka akan semakin banyak pula produksi telurnya.

4. Pemeliharaan Ayam Petelur

Dalam cara budidaya ternak ayam petelur, hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan adalah pemberian pakannya. Pemberian pakan ayam petelur ini harus disesuaikan dengan usia ayam petelur, tentunya untuk menyesuaikan asupan gizinya. Selain pakan, Anda juga harus memberikan minum yang cukup setiap harinya. Pada waktu tertentu, lakukan juga vaksinasi agar ayam memiliki daya tahan tubuh yang baik. Jangan lupa pula untuk membersihkan kandang secara teratur dengan mengambil kotoran ayamnya.

Ketika memelihara ayam petelur, bukan hanya telurnya saja yang dapat Anda jual. Seperti yang sudah disebutkan, ayam yang sudah afkir atau tidak dapat memproduksi telur lagi dapat dijual dagingnya. Namun tidak hanya itu saja karena kotoran ayam petelur tersebut dapat dijual sebagai pupuk. Nilai ekonomi kotoran ayam cukup tinggi karena banyak petani yang membutuhkannya. Bagi Anda yang ingin memulai berbudi daya ayam petelur, semoga tips cara budidaya ternak ayam petelur ini dapat bermanfaat.