Cara Mudah Membuat Kandang Ayam Petelur jenis Kandang Baterai

Kandang ayam petelur memiliki peranan yang sangat penting dalam usaha ternak ayam petelur. Pembuatan kandangnya tidak boleh sembarangan, harus dilakukan dengan benar. Sebaiknya Anda memilih model yang tepat agar ayam petelur dapat menghasilkan telur-telur yang banyak. Walaupun Anda hanya beternak ayam petelur dalam skala kecil, Anda tetap harus membuat kandangnya dengan baik. Pembuatan kandang ayam petelur sederhana dapat Anda lakukan dengan cara yang cukup mudah. Bahan yang Anda perlukan juga tidak terlalu banyak, simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Baterai

Kandang ayam type baterai
Kandang yang banyak digunakan untuk ayam petelur yaitu kandang baterai. Kandang ini merupakan kandang yang bentuknya sangkar empat persegi panjang. Kandang tersebut disusun secara berderet dan memanjang serta bertingkat 2 atau dapat juga lebih. Setiap sangkarnya dapat menampung paling banyak 2 ekor ayam petelur dewasa. Namun sebaiknya letakkan 1 ekor saja untuk setiap sangkarnya. Untuk lantainya, Anda dapat membuatnya dari bambu yang memiliki harga ekonomis. Anda dapat menghemat untuk biaya pembuatan kandang ayam petelur ini.

Kandang baterai dari bambu
Selain bambu, Anda juga dapat membuat lantai kandang dari kawat yang disusun agak renggang. Tujuannya agar kotoran ayam dapat langsung jatuh ke penampungannya dan tidak mengotori ayam. Dengan kata lain, dibawah lantai masih ada ruang yaitu untuk menampung kotoran ayam. Penggunaan kawat lebih banyak digunakan oleh peternak ayam petelur karena lebih awet dan tahan lama. Tidak seperti bambu, jika perawatannya tidak tepat maka bambu akan cepat rusak dan Anda perlu membuat lantai baru untuk kandang ayam petelur. Untuk itu jika Anda memiliki dana cukup, buatlah lantainya dari kawat.

Model kandang baterai ini banyak diterapkan bagi para peternak yang memiliki lahan terbatas. Jika Anda memiliki lahan yang luas, Anda tidak perlu membuatnya bertingkat. Yang tidak boleh Anda lupakan yaitu sebaiknya kandang dibuat dengan lantai yang sedikit miring. Tujuannya agar telur yang sudah diproduksi dapat menggelinding di pinggir untuk memudahkan dalam pengambilannya. Terbayang bukan betapa sulitnya mengambil telur ayam jika telurnya masih berserakan di dalam kandang. Selain itu, telur sangat berisiko pecah jika kandang ayam petelur tidak dibuat miring.

kandang baterai dari kawat
Untuk pembuatan kandang baterai dapat menggunakan kawat ataupun bambu, pilih sesuai keinginan atau budget yang Anda miliki. Baik kandang ayam petelur dari bambu atau dari kawat, keduanya sama-sama bagus untuk budidaya ternak ayam petelur. Baik bambu atau kawat, pembuatan kandangnya tetap menggunakan ukuran yang sama. Tidak ada yang membedakan kedua kandang tersebut kecuali bahan yang digunakan. Untuk ukuran kandang ayam petelur yaitu sebaiknya memiliki panjang sekitar 40 cm, lebar 30 cm dan tinggi 40 cm untuk bagian depan. Untuk bagian belakang sebaiknya hanya memiliki tinggi sekitar 30 cm saja.

Jangan lupa juga untuk membuat tempat untuk pakan dan air minumnya. Jika Anda dapat membuat kandang ayam baterai ini dengan baik, Anda dapat memasarkannya. Anda dapat jual kandang ayam petelur yang sudah Anda buat kepada para peternak petelur. Ini dapat menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan selain usaha pakan ayam petelur. Tentunya tidak sedikit orang-orang yang ingin beternak ayam petelur namun tidak ingin atau tidak bisa membuat kandangnya. Untuk itu, manfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Buatlah kandang ayam petelur dari kawat atau dari bambu dan tawarkan kepada para peternak ayam petelur.