Cara Pemberian Pakan Ayam Petelur dengan Takaran yang PAS

Anda sedang mencari pakan ayam petelur yang bagus untuk pertumbuhan ayam petelur Anda? Silakan simak uraian berikut ini yang akan membagikan beberapa jenis pakan yang bagus diberikan untuk ayam petelur dara. Ayam petelur adalah ayam yang dipelihara untuk diambil telurnya, berbeda dengan ayam pedaging. Ayam pedaging seperti ayam potong atau ayam kampung dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya. Namun bukan berarti daging ayam petelur tidak dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi. Hanya saja, jenis ayam petelur lebih fokus pada produksi telur mengingat permintaan telur di pasaran masih sangat tinggi.

Pakan ayam petelur memang sebaiknya yang berkualitas untuk mendukung hasil produksi telurnya. Seperti yang Anda ketahui, telur merupakan bahan makanan yang banyak dibutuhkan. Baik untuk kebutuhan rumah tangga, rumah makan ataupun untuk usaha kue. Telur menjadi salah satu bahan utama yang harus ada pada usaha pembuatan kue. Jika Anda membudidayakan ayam petelur, Anda harus melakukan perawatan secara tepat pada ayam petelur yang Anda budidayakan dengan memberikan pakan ayam petelur per hari secara tepat. Dengan begitu, Anda dapat meraup keuntungan besar dari bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Pakan memang memiliki pengaruh yang sangat besar pada kesuksesan ternak ayam petelur. Selain jenis-jenisnya, dosis dan cara pemberian pakan ayam petelur juga penting untuk diperhatikan. Pemberian pakan yang terlalu berlebihan juga tidak baik untuk ayam petelur, terlebih lagi jika kekurangan. takarannya sebaiknya diberikan secara tepat, lalu apa saja jenis makanan ayam petelur berkualitas? Ini dia jawabannya:

1. Pakan pabrikan

Pakan pabrikan dapat Anda berikan untuk ayam petelur yang sudah dara atau sudah siap untuk bertelur. Anda dapat mencampurkan pakan pabrikan tersebut dengan dedak demi mencukupi kebutuhan gizinya. Ayam petelur dara membutuhkan gizi yang cukup demi mendukung hasil produksi telur-telurnya.

2. Pakan campuran

Anda dapat memberikan pakan ayam petelur berupa campuran dari jagung, konsentrat dan juga dedak. Pakan ini dapat diberikan untuk ayam petelur dewasa, Anda dapat memberikannya setiap hari. 

3. Pakan hijauan

Pakan hijauan merupakan pakan tambahan saja, dapat Anda berikan pada ayam petelur yang dara ataupun indukan. Pakan tambahan ini sebaiknya diberikan seminggu sekali atau paling cepat 5 hari sekali, jangan memberikannya terlalu sering.

Itulah komposisi pakan ayam petelur yang dapat membantu dalam meningkatkan hasil produksi telur dari ayam petelur. Anda juga dapat membuat pakan sendiri untuk ayam petelur yang Anda budidayakan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk pakan alternatif ayam petelur dan cara membuat formulasi pakan ayam petelur murah.
Bahan-bahan:
  • Jagung sebanyak 50 persen
  • Dedak padi 10 persen
  • Kapur atau LSG 9 persen
  • Bungkil kedelai 28 persen
  • DCP 2,5 persen
  • Garam 0,3 persen
  • Vitamin premix 0,1 persen
  • Mineral premix 0,1 persen
Campur semua bahan-bahan tersebut lalu berikan untuk ayam petelur sebagai campuran pakan ayam petelur. Pemberian takaran pakan ayam petelur tersebut sebaiknya lebih banyak untuk pemberian di sore hari karena nafsu makan ayam petelur di sore hari meningkat. Jika di pagi hari, berikan pakan tersebut sekitar jam 7 pagi dan berikan secukupnya saja sekitar 30 persen. Sementara di sore hari, Anda dapat memberikan pakan ayam petelur ini sekitar jam 3 sore dengan dosis 2 kali lipat dibanding dosis di pagi hari.

Sebenarnya ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian campuran pakan ayam petelur. Namun untuk Anda yang membudidayakan ayam petelur dalam skala yang kecil, ulasan di atas sudah cukup bermanfaat. Yang terpenting adalah pemilihan pakan dan tahu kebutuhan pakan ayam petelur, dosis serta waktu pemberiannya. Demikian yang dapat disampaikan, semoga pembahasan mengenai pakan ayam petelur ini dapat bermanfaat bagi Anda para peternak ayam petelur.

Setelah pakan, jangan lupa masalah tentang kandang ayam petelur, anda dapat melihat pada Cara Mudah Membuat Kandang Ayam Petelur jenis Kandang Baterai