3 Jenis Burung Pentet (Cendet) Terbaik dan Banyak Dipelihara

Burung pentet banyak diminati dan sangat populer saat ini karena merupakan jenis burung yang mampu menirukan berbagai jenis suara. Tidak hanya suara dari burung lain, burung tipe petarung ini dapat menirukan bunyi-buyian dari benda asing. Burung pentet terkadang lebih dikenal dengan sebutan burung pentet ini merupakan salah satu bagian dari keluarga besar burung Laniidae.

Julukan burung pentet berbeda di berbagai daerah. Burung ini ada yang menyebutnya sebagai burung betet, burung pentet atau burung toet karena kemampuannya menghasilkan aneka kicauan. Burung pentet dapat ditemui hampir di seluruh kawasan Asia Tenggara. Negara Indonesia pun menjadi tempat tersebarnya berbagai jenis burung pentet. Burung pentet dapat dijumpai di pulau Jawa, pulau Kalimantan, Sumatera, Bali, Sulawesi bahkan ke Maluku.

Jenis Burung pentet di Indonesia mumpunyai jenis Terbaik di setiap daerah masing masing, burung pentet memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, masyarakat lebih familiar dengan pentet cokelat, pentet jawa, pentet loreng, pentet madura, pentet sumatra, dan pentet semi. 

Jenis Burung pentet

Dari kesekian jenis burung pentet yang ada di Indonesia, masyarakat pecinta burung kicau lebih memilih burung pentet kepala blangkon sebagai burung pentet terbaik. Sebagian orang menjuluki burung pentet jenis ini dengan pentet gondrong atau pentet ngupluk. Burung pentet ngupluk sangat identik dengan pulau Madura, meski saat ini pentet ini sudah banyak dibudidayakan di luar wilayah Madura.

Kepopuleran pentet blangkon sudah tersebar hingga berbagai penjuru kota di pulau Jawa diantaranya adalah di Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Blora, Pati dan di kota-kota lainnya.

Berikut ini akan diulas aneka jenis burung pentet yang paling banyak digemari oleh pecinta burung kicau di Indonesia.

Pentet Kepala Blangkon

gambar foto burung pentet kepala blangkon
Seperti yang dijelaskan sebelumnya burung pentet kepala blangkon paling banyak diminati para pecinta burung kicau. Burung pentet blangkon memilki kepala berwarna hitam yang mirip dengan blangkon.
Sekilas burung petarung ini menjadi tampak makin garang dengan bentuk kepalanya tersebut. Selain itu, burung pentet kepala blangkon diyakini memiliki ketahanan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Saat burung pentet kepala blangkon masih anakan, bentuk blangkon di kepalanya belum terlihat. pentet kepala blangkon anakan memiliki alis tebal dan berwarna hitam pekat yang menyambung pada bagian depan mata. Tidak heran jika sebagian orang menyebutnya sebagai Zorro seperti pada film kepahlawanan Mexico ini.

Selain daya tahan tubuh yang kuat, memmelihara burung pentet kepala blangkon sangat menarik karena burung pentet ini terlihat gagah dan tampak garang. Hal ini dipengaruhi karena perpaduan warna pada bulu yang terlihat kontras yaitu warna hitam, putih dan sedikit warna cokelat.

Penampilannya yang unik dengan kepala penuh warna hitam menimbulkan kesan jawara pada burung pentet kepala blangkon selain karena mentalnya yang kuat dan baik.

Tidak hanya dari bentuk kepala, burung pentet kepala blangkon memiliki tubuh yang ramping dan ekor yang tampak panjang. Proporsi tubuh inilah yang membuat pentet jenis ini terlihat lebih indah dan tidak membosankan untuk dipandang.

Burung Pentet Macan

gambar foto burung pentet kepala macan
Genus yang sama belum tentu akan selalu menampilkan bentuk fisik yang sama. Ini juga terjadi pada burung pentet macan. pentet jenis ini memiliki motif bulu yang tampak berbeda jika dibandingkan dengan pentet jenis lain.

Bulu burung pentet macan sekilas terlihat seperti macan karena motifnya belang-belang. Beberapa orang menyebut pentet macan sebagai tiger shrike. Burung pentet jenis ini dapat ditemui disekitar timur laut Rusia hingga ke wilayah timur dan tengah China, Jepang dan Korea.

Burung pentet macan lebih banyak terlihat di hutan yang memiliki pohon rindang. Tidak jarang, mereka juga terlihat di pinggiran hutan, areal pertanian yang datarannya cenderung rendah.

Burung pentet macan termasuk burung yang tidak mampu bertahan saat musim dingin. Inilah yang membuat mereka kemudia bermigrasi saat musim dingin tiba sekitar bulan Agustus hingga September. Insting alaminya memberikan sinyal untuk segera bermigrasi sebelum musim dingin tiba. Namun, sebagian burung yang berdiam di kawasan Siberia serta kawasan Asia Timur lebih memilih migrasi pada bulan Oktober hingga November.

Burung pentet macan bermigrasi dengan mengikuti arah angin. Pada saat musim dingin akan tiba, arah angin cenderung menuju ke selatan yaitu menuju ke Asia Tenggara, mulai dari Myanmar, Laos, Vietnam, Filipina, Thailand dan Indonesia.

Ciri Fisik Burung pentet Macan

Untuk membedakan jenis kelamin pentet macan dapat dengan mudah diketahui dengan mengamati warna bulu yang ada di tubuhnya. pentet macan jatan yang sudah dewasa memiliki warna putih pada bagian dada hingga perut serta pada daerah sekitar kloaka. Sedangkan pada bagian kepala terdapat bulu berwarna abu-abu serta bulu hitam berbentuk mirip topeng.

Sedangkan burung pentet macan betina memiliki tampilan yang sama dengan pentet macan yang masih muda. Mereka memiliki warna bulu kusam serta cokelat tua, dengan sedikit bulu berwarna abu-abu dan hitam pada bagian kepala.

Burung Pentet Kembang

Burung Pentet Kembang juga sering disebut dengan julukan cica matahari. pentet ini memiliki bentuk fisik yang menarik karena memiliki sayap berwarna cokelat tua, sedangkan bagian punggungnya terlihat ada motif kembang dengan sedikit garis yang menarik untuk dilihat. Selain itu, iris mata pentet kembang berwarna merah menyala.
foto gambar burung pentet kembang
Selain penampilannya yang menarik, harga lumayan, pentet kembang memiliki kualitas suara yang tidak perlu diragukan lagi. Para pemilik burung ini harus rajin merawatnya secara rutin dan telaten karena pemeliharaan pentet kembang terbilang sulit.

Di Indonesia, pentet kembang sudah mulai sulit ditemukan bahkan sudah terancam punah. Burung pentet kembang lebih sering terlihat hidup secara berpasang-pasangan. Makanan utama pentet kembang adalah buah pisang.