4 Tips Sukses Cara Ternak Burung Pentet (Cendet) Untuk Pemula

Untuk melakukan segala sesuatu pasti ada awal mulanya. Demikian juga bagi para pecinta burung yang kemudian ingin beternak burung sendiri. Setelah sekian lama mengagumi bahkan kemudian membeli burung anakan, bukan tidak mungkin pecinta burung kemudian ingin menernak burung sendiri.
cara sukses ternak burung cendet
Cara ternak burung cendet madura atau jenis pentet lainnya tidaklah sulit jika Anda mengetahui tipsnya. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa masing-masing jenis burung memiliki cara yang khusus untuk dapat diternakkan seperti dalam penangkaran cendet madura atau metode cendet poligami untuk efisiensi penangkarannya.

Bagi Anda pecinta burung pentet, ada tips dan cara khusus untuk menernaknya. Burung yang juga disebut sebagai burung pentet ini memiliki bentuk tubuh yang kecil dan suara kicauannya tidak terlalu bagus. Yang menarik dari burung pentet adalah kemampuannya yang unik untuk dapat menirukan berbagai suara burung lain, termasuk juga suara yang dihasilkan dari benda-benda.

Alasan inilah yang kemudian membuat banyak orang dan juga Anda ingin mengetahui cara membudidayakan burung pentet di rumah. Jika Anda sedang mencari tips cara ternak burung pentet untuk pemula, Anda akan mendapatkan penjelasan secara detail melalui ulasan berikut ini.
Cara Ternak Burung pentet Untuk Pemula

Kandang / Sangkar Burung Pentet

Cara ternak burung cendet dalam sangkar. Kandang merupakan tempat tinggal burung yang tentu saja sangat berpengaruh pada kehidupan burung pentet. Untuk itu, usahakan Anda membuat kandang yang ukurannya luas agar pentet lebih leluasa untuk terbang kesana kemari. 

Burung pentet termasuk burung yang agresif. Namun, burung ini suka membuat sendiri sarangnya sehingga Anda menyediakan rumput-rumput sebagai bahan untuk mereka membuat sarang. Burung pentet juga sangat senang beralih dari satu ranting ke ranting lainnya sehingga ada baiknya Anda menyediakan ranting-ranting kecil sebagai tempat pentet untuk bertengger. ukuran kandang ternak burung cendet dapat disesuaikan dengan lokasi dan kemampuan anda menyediakan luas lahannya.

Perjodohan

Ketika kandang sudah sangat sesuai dengan perilaku pentet, usahakan untuk memberi jarak indukan betina dari suara burung pentet lain. Hal ini penting dilakukan agar indukan bertina tidak penasaran dengan suara pentet jantan lainnya. 

Proses perjodohan dapat dilakukan dengan cara mendekatkan indukan jantan dengan indukan betina di kandang yang berbeda. Jika indukan jantan sudah memperlihatkan perilaku yang semakin agresif dan berkicau lebih sering, maka proses perkawinan dapat segera dilakukan. 

Satukan indukan betina dan jantan dalam satu sarang. Pada awalnya sangat mungkin akan terjadi perkelahian antara pentet jantan dan betina karena pada dasarnya burung pentet termasuk burung petarung. Jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu memisahkannya.

Pakan burung pentet

Pakan tentu saja sangat mempengaruhi proses perjodohan. Untuk perjodohan burung pentet, Anda perlu memberikan 50 ekor jangkrik, satu sendok ulat hongkong, dua sendok makan UK. Porsi pakan tersebut adalah untuk kedua burung indukan untuk satu hari. Anda bisa memberikan pakan yang sama untuk hari berikutnya hingga indukan betina bertelur.

Bertelur

Ketika proses perkawinan selesai, burung pentet akan menghasilkan telur anakan. Biasanya indukan betina hanya akan menghasilkan dua sampai tiga telur saja. Namun, hal tersebut sangat tergantung dari indukan betinanya. 

Berapa lama telur burung pentet menetas? Proses pengeraman telur pentet memakan waktu selama 21 hari hingga menetas. Ketika anakan sudah menetas, Anda harus segera memisahkan anakan dari induknya karena indukan terkadang bisa mencelakai anaknya sendiri. Anda harus memberik makan anakan dengan cara disuapi agar tumbuh jinak saat sudah dewasa.

Itulah tips cara ternak burung pentet untuk pemula yang mudah untuk Anda lakukan. Beternak burung pentet bisa menjadi hobi sekaligus mata pencaharian bagi Anda karena burung ini sangat unik dan mudah diperjualbelikan terutama jika sudah sangat terlatih menirukan berbagai jenis suara. Usahakan melihat Video ternak cendet di Youtube dan kanal video lainya untuk menambah pengetahuan anda.