Cara Membedakan Burung Pentet (Cendet) Jantan dan Betina beserta Ciri Cirinya

Perawatan burung berkicau tidak jarang membuat para pemilik merasa was-was ketika unggas gacorannya mulai buka paruh. Berbagai upaya maksimal dalam perawatan yang telah dilakukan dengan penuh kasih sayang namun berakhir dengan hasil yang kurang sesuai harapan karena salah menentukan jenis kelamin cendet. Burung cendet dengan jenis kelamin yang berbeda memiliki potensi yang berbeda pula.
gambar burung pentet
Kenyataan bahwa jenis kelamin burung menentukan kemampuan dalam berkicau, membuat para pecinta burung harus mengetahui cara membedakan jenis kelamin burung Cendet. Burung Cendet atau Pentet jantan dinilai lebih unggul dibandingkan betina. Salah satu faktor yang paling dikagumi dari burung pejantan adalah kicauannya.

Secara umum suara Cendet memiliki kekuatan lebih besar sehingga terdengar lebih lantang. Pejantan juga mampu membuat beraneka ragam variasi suara. Tidak hanya untuk burung Cendet, jenis burung kicau lain seperti murai batu, kacer, anis merah, kenari, pleci dan cucak ijo yang berkelamin jantan memiliki kemampuan yang lebih unggul. Namun berbeda dengan burung lovebird karena yang betina lebih mampu berkicau dengan durasi waktu yang relatif panjang dan bersuara lebih lantang dibanding pejantan. Kelebihan pejantan pada burung Cendet inilah yang kemudian membuat Anda perlu mengetahui cara membedakan jenis kelamin burung dari genus Lanius ini. Apalagi jika Anda berencana ingin memenangkan kontes burung kicau maka mengetahui ciri-ciri fisik untuk membedakan jenis kelaminnya.

Anggapan di masyarakat, ciri cendet jantan memiliki warna bulu yang lebih mengkilap dan legam. Selain itu, bentuk paruh yang lebar, tebal dan panjang dianggap sebagai burung cendet jantan. Sebagian orang juga mengungkapkan bahwa pejantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pada betina. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih pasti, ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut ini tentang cara membedakan burung pentet jantan dan betina serta cirinya.

Ciri Ciri burung Pentet (Cendet)

cara membedakan burung cendet jantan dan betina
Ciri Ciri burung Pentet jantan yang bagus  atau betina yang gacor dapat dilakukan dengan Pengamatan secara fisik untuk menentukan jenis kelamin burung Pentet. Salah satu hal yang mudah diamati adalah bentuk bagian tubuh samping kanan dan kiri burung. Jika di bagian pipi terdapat bulu berwana hitam dan cukup mencolok, maka Anda dapat memastikan bahwa burung Pentet tersebut berkelamin jantan. Sebaliknya, jika warna bulu pada bagian pipi terlihat tidak terlalu hitam, maka burung tersebut adalah betina. Selain itu, Anda juga dapa melihat bagian kepala dimana betina memiliki bentuk kepala bundar menggelembung. Sedangkan pejantan bentuk kepalanya terlihat datar.

Ciri Burung Cendet atau Pentet Jantan dan Betina Anakan

Cara Membedakan Burung Pentet (Cendet) Jantan dan Betina menurut Om Yulianto, burung pentet yang masih anakan atau trotolan bisa dibedakan jenis kelaminnya. Cara paling mudah menentukan jenis kelamin pentet anakan adalah dengan melihat bagian ekornya. Jika bulu ekor berwarna hitam, maka jenis kelaminya hampir bisa dipastikan sebagai pejantan. Sedangkan betina, warna bagian ekor terlihat tidak terlalu jelas.

Namun, cara ini masih belum bisa menentukan jenis kelamin pentet secara pasti. Cara yang paling tepat adalah dengan melihat bagian supit urang (tulang pubis). Pentet jantan anakan supit urangnya cenderung kecil namun memanjang dan ditandai dengan bulu dengan warna yang tidak beraturan dibagian supitnya. Sebaliknya, pentet betina memiliki bentuk supit yang lebih besar dengan warna bulu bergaris teratur menyerupai kembang yang indah. gambar sumpit pentet jantan dapat dilihat pada foto.

Bagi Anda yang sudah terlanjur memilih anakan cendet jantan yang bagus atau  merawat burung pentet dan ternyata berjenis kelamin betina, tidak perlu ragu untuk terus menangkarnya. Dengan teknik master yang tepat dan tetap telaten, Anda masih tetap dapat memenangkan perlombaan kicau. Meski banyak anggapan bahwa pentet betina kurang bisa bersaing, namun kenyataannya telah banyak pentet betina yang telah mengantongi gelar juara.

Dengan perawatan yang tekun, pemilihan pakan yang tepat, pembersihan kandang yang rutin serta memandikan kemudian menjemurnya secara konsisten, burung pentet betina tetap mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Perawatan dengan penuh kasih sayang dan ulet serta teknik pemasteran yang mumpuni sanggup membuat suara kicauan pentet betina lekas gacor, bervariasi suaranya dan berkicau sangat lantang mengalahi pentet pejantan.

Itulah beberapa cara membedakan burung pentet jantan dan betina serta cirinya agar Anda dapat memilih pentet yang tepat untuk dipelihara. Cara membedakan jenis kelamin pentet relatif mudah bukan? Anda hanya perlu melihat sekilas pada bagian tubuh tertentu saja seperti yang telah dijelaskan pada artikel ini.