Cara Merawat Burung Pentet Agar Cepat Gacor Dengan 7 Cara Praktis

Cara Merawat Burung Pentet yang berkualitas tentu tidak lepas dari pemilihan bakalan burung dan cara pemeliharaan yang baik serta konsisten. Cara pemeliharaan burung Pentet yang baik meliputi menjaga kebersihan kandang, pemberian makan yang cukup dan berkualitas serta teknik pemasteran yang baik agar burung Pentet cepat gacor. 
gambar burung pentet
Pemilihan bakalan burung juga mempengaruhi kualitas burung Pentet ketika sudah dewasa. Bakalan burung yang baik lebih mudah untuk dibentuk karakter, mental dan kualitas suaranya. Faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih bakalan burung yang siap dan pantas menjadi juara kontes kicau burung Pentet meliputi banyak hal. Berikut ini dibahas mengenai cara merawat burung Pentet biar gacor:

1. Jenis kelamin burung
Jika Anda ingin memiliki burung Pentet yang cepat gacor, maka pastikanlah Anda mencari bakalan yang berkelamin jantan. Cara membedakan burung Pentet jantan dan betina sangat mudah karena ukuran tubuhnya berbeda.

2. Pakan burung Pentet
Tahapan selanjutnya setelah Anda mendapatkan jenis burung Pentet berkelamin jantan yaitu memastikan pergantian voer lama dengan yang baru dilakukan secara rutin yaitu setidaknya setiap dua hari sekali. Kadar protein dalam voer yang diberikan sebaiknya 12-18%. Burung Pentet memerlukan pakan yang bervariasi selain kadar protein yang tinggi. Rotasi pakan yang mengandung karbohidrat, mineral dan vitamin perlu dilakukan setiap saat.

3. Pemberian extra  food
Extra food atau yang biasa disingkat EF merupakan makanan tambahan yang diperlukan agar kebutuhan nutrisi burung Pentet terpenuhi. EF bisa Anda dapatkan di toko pakan yaitu berupa kroto, cacing, orong-orong, jangkrik, ulat hongkong, ulat bambu, belalang bahkan kelabang. Sebagai contoh, Anda dapat memberikan jangkrik sebanyak 4 ekor pada pagi hari ditambah 2 ekor untuk sore hari.Sedangkan kroto bisa Anda berikan sebanyak 1 sendok makan, 2 kali seminggu. Cacing pun bisa Anda selipkan sebagai menu tambahan setiap seminggu 2 kali sebanyak 1 ekor. Jika Anda memperhatikan pakan yang diberikan kepada burung Pentet, Anda akan menghasilkan burung Cendet yang cepat gacor. 

4. Kebersihan kandang
Menjaga kandang agar tetap bersih perlu selalu Anda lakukan untuk mendapatkan burung Cendet yang cepat gacor. Pembersihan kandang yang perlu Anda lakukan setiap hari yaitu dengan membuang tumpukan kotoran. Pergantian air minum juga harus dilakukan setiap hari menggunakan air yang sudah dimasak atau air dalam kemasan.

5. Pemandian dan penjemuran
Pemandian burung Pentet sebisa mungkin tidak dilakukan sembarangan. Untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap bugar, sebaiknya Anda angin-anginkan dulu burung ini selama 30 menit di teras atau tempat terbuka lainnya. Setelah itu, proses pemandian dapat Anda lakukan sesuai kebiasaan, bisa dengan disemprot maupun menggunakan karamba. Usai dimandikan, burung Cendet sebaiknya dijemur setiap pagi antara jam 8-10. Akan lebih baik jika Anda dekatkan dengan burung Pentet lainnya untuk melatih keberaniannya menghadapi burung Pentet lain. Setelah penjemuran selesai, Anda bisa kembalikan burung Pentet ke teras selama 10 menit sebelum sangkar dikrodong kembali.

6. Pemasteran burung
Pemasteran merupakan salah satu proses yang terpenting jika Anda ingin memiliki burung Pentet yang cepat gacor. Pemasteran saat ini lebih mudah dilakukan karena tidak harus memiliki burung yang sudah berkualitas suaranya, tetap cukup menggunakan suara burung master yang sudah terekam dalam bentuk digital. Proses pemasteran sebaiknya dilakukan di siang hari hingga sore diantara jam 10.00 hingga 15.00. Anda bisa mengulangnya kembali pada malam hari hingga pagi hari. Jika sudah selesai, Anda bisa mengrodong sangkar kembali agar hasil maksimal. 

7. Kenyamanan lingkungan
Burung sangat menyukai lingkungan yang nyaman seperti halnya unggas. Agar burung Pentet merasa nyaman, Anda harus membuat suasana rumah tetap tenang dan kondusif. Gangguan yang biasa mengusik ketenangan burung Cendet diantaranya adalah kehadiran tikus, kucing atau anjing. Jika hewan pengganggu mendekati burung ini, bisa jadi kondisi mental dan suara burung Cendet akan terganggu.

Itulah beberapa cara merawat burung pentet agar cepat gacor. Kunci utama untuk dapat memiliki burung Pentet jawara apalagi untuk cara merawat burung Pentet anakan adalah ketelatenan dalam melakukan ketujuh tahapan yang sudah dijelaskan di atas. 7 cara merawat burung Pentet harian diatas harus dilakukan dengan sangat hati hati mengingat burung cendet adalah burung yang cepat stres. jika sudah stres maka cara merawat burung pentet stres seperti merawat burung cendet salto berbeda perlakuan dengan yang normal. berbeda lagi dengan cara merawat burung pentet anakan atau bakalan.