Makanan Harian Burung Pentet Agar Rajin Berkicau Gacor dan Tetap Sehat

Burung yang kerap disebut dengan nama Pentet dan Toet adalah burung Cendet yang memiliki suara gacoran yang indah. Selain suara, burung predator ini memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Buktinya, burung berekor panjang ini mampu menirukan berbagai macam suara gacor dari burung kicau lainnya. 

Beberapa suara yang bisa ditirukan oleh burung Cendet meliputi suara kenari, cililin, lovebird, murai batu, burung gereja tarung, tengkek, tengkek buto, cucak jenggot dan lain sebagainya. Yang menarik, burung Cendet juga mampu menirukan berbagai suara hewan lain, benda dan bunyi-bunyian di sekitarnya. Bunyi hewan yang biasa ditirukan burung Cendet diataranya adalah suara kucing, ayam dan lainnya.
gambar burung pentet pakan
Selain itu burung Cendet bisa menirukan suara yang dihasilkan oleh benda seperti suara gesekan styrofoam dengan permukaan kaca yang kesat dan suara pompa angin. Suara yang menyeramkan juga bisa ditirukan oleh burung Cendet, seperti suara tertawanya kuntilanak.

Kesemua kelebihan jenis burung Cendet yang telah dijelaskan tersebut menggambarkan betapa jeniusnya burung bergenus Lanius ini. Keberadaan burung ini mulai menarik perhatian di berbagai perlombaan gantangan. Namun seperti halnya burung lain, untuk mendapatkan burung Cendet yang suaranya lantang dan rajin gacor memerlukan usaha yang tidak instan.

Burung keluarga Turdidae ini harus dirawat secara baik dan ulet. Asupan pakan burung Pentet juga sangat mempengaruhi kemampuannya. Perawatan yang bisa dilakukan pada burung ini agar gacor dan sehat yaitu dengan memandikan, menjemur dan membersihkan kandangnya secara rutin.Tahap memandikan Cendet harus dilakukan dengan sepenuh hati. Tidak cukup agar bersih dan segar saja, burung Cendet dimandikan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, sebaiknya burung Cendet dilatih untuk mandi sendiri yaitu dengan menyediakan wadah berisi air yang diletakkan di dalam sangkar. Jika sudah dilatih dan keinginan mandi sudah ada sendiri, burung Cendet sudah tidak perlu lagi dimandikan menggunakan semprotan atau sprayer. 

Satu hal yang harus dilakukan setelah mandi adalah berjemur. Menjemur burung Cendet perlu dilakukan agar panas matahari kembali menyeimbangkan suhu tubuhnya. Saat yang tepat untuk menjemur burung Cendet yaitu ketika matahari pagi mulai terik. Cahaya matahari di pagi hari tidak terlalu panas tetapi tetap baik untuk burung.

Faktor yang memegang peranan penting bagi burung pentet agar tetap sehat adalah pemberian pakan yang terpenuhi semua komponen yang diperlukan burung. Jika pakan tidak mendapat perhatian yang serius, burung Cendet bisa tidak rajin gacor. Seperti halnya manusia, burung Cendet juga membutuhkan asupan vitamin, mineral, protein dan gizi secara tepat.

Pakan Burung Pentet (Cendet) 

Makanan burung pentet di alam liar banyak didominasi oleh buah - buahan seperti pisang, talok, dll. Akan Tetapi Pakan burung Cendet peliharaan harus terdiri atas buah-buahan segar, extra fooding atau EF dan pakan racikan. Berikut ini diberikan penjelasan secara ringkas mengenai makanan harian Cendet agar tetap sehat.

Buah-buahan Segar
Buah-buahan mengandung vitamin yang tinggi dan dibutuhkan oleh burung Cendet. Burung berparuh kokoh ini menyukai buah-buahan yang masih segar seperti pepaya, pisang kepok dan masih banyak buah yang lainnya. Dengan memperhatikan asupan makanan berupa buah-buahan, Cendet akan tumbuh segar dan cepat gacor.

EF atau Ekstra Fooding
EF kerap dipilih sebagai cara untuk menambah kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh burung yang tidak didapatkan dari makanan utamanya. Burung Cendet membutuhkan protein dalam jumlah cukup besar namun tetap disarankan untuk memberikan porsi EF yang berlebihan. EF untuk Cendet yang bisa Anda berikan yaitu kroto, jangkrik, orong-orong, ulat hongkong, ulat bambu, cacing dan belalang.

Voer untuk burung pentet
Voer untuk Pentet paling tepat diberikan saat burung dalam kondisi anakan maupun bakalan. Hal ini ditujukan agar burung Cendet mau menyantap voer sampai dewasa. Banyak kasus terjadi dimana burung sulit diberi makan voer karena tidak dilatih sejak masih anakan. 
Yang perlu diperhatikan dalam memberikan voer adalah memastikan bahwa voer selalu diganti ketika sudah terlihat berjamur. Voer untuk Cendetyang diberikan sebaiknya berkadar protein sedang antara 12%-18%.

Pakan Racikan
Makanan Cendet biar rajin berbunyi dan tetap sehat dapat dibuat secara mudah. Bahan pembuatan pakan racikan tersebut diataranya adalah tahu, ikan berukuran sedang sebanyak 1 hingga 3 kg atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan, telur ayam 3 hingga 10 butir, 2-3 kg tepung jagung atau disesuaikan dengan kebutuhan, dan 2 sampai 3 buah tomat.

Cara pengolahan pakan pentet yaitu dengan membersihkan ikan dari sisiknya lalu digiling. Penggilingan bisa dilakukan menggunakan penggiling atau blender. Selanjutnya, ikan bisa dengan segera dicampur potongan tahu, tomat, telur dan tepung jagung sembari diaduk hingga merata.  Cangkang telur jangan dibuang karena masih bisa digunakan sebagai campuran adonan tadi yaitu dengan ditumbuk hingga halus. Setelah adonan jadi, keringkan menggunakan oven selama 20 hingga 30 menit. Jika masih belum kering benar, jangan diberikan ke Cendet dahulu. Cara pengeringan masih bisa diteruskan menggunakan oven tetapi jangan sampai gosong atau cukup diangin-anginkan saja. Makanan burung pentet anakan jangan terlalu banyak menggunakan pakan racikan sebaiknya disesuaikan dengan pakan dialam liar.